Cara pemasangan dak keraton

19.29 noviantart 0 Comments

Akhir akhir ini sering kita dengar tentang atap dak keraton. Dak keraton adalah singkatan dari keramik dan beton, atau secara istilah internasional namanya ceiling bridge. seperti nama inggrisnya kalau di artikan menjadi jembatan berongga, dak keraton adalah kramik berongga yang membentuk pola tulang V yang seakan menopang beban seluas permukaan diatasnya. Keraton memiliki ketebalan 10 cm dan 12 cm, ketebalan ini mengikuti ketebalan umum yang dipakai pada dak cor beton.

Dilihat dari bentuknya sudah dapat kita pastikan pemasangan dak keraton ini lebih simpel efektif dan efisien secara waktu tenaga dan biaya. Namun banyak yang masih ragu dengan kekuatan, dan bagaimana teknik pemasangannya. Untuk itu mari kita bahas teknik pemasangan dak keraton.


1. Susun keraton memanjang dengan rapi dengan posisi sisi lebar dibagian atas, panjang susunan maksimal 4 Meter dan pastikan kelurusan susunan keraton.

2. Pasang 2 batang besi diameter 10 panjang 4 meter lebih pada cekungan bagian atas, dan diameter 8 pada cekungan bagian samping bawah. kemudian cekungan diplester dengan adukan 1 semen : 3 pasir sehingga besi tertanam dalam coran. kemudian tunggu sampai 7 hari untuk pengerasan coran. atau 4 hari jika adukan coran ditambah cairan kimia pengeras coran. usahakan susunan keraton selalu dalam keadaan lembab dengan menyiramnya setiap hari.
3. Sambil menunggu, anda bisa memasang pasangan bata dan rangkaian besi ring balok.
4. Jika coran sudah keras kemudian balik susunan keraton. Sehingga sisi yang pendek berada di atas. Maka jadilah 1 batang ceiling brick (CB).




5. Angkat satu per satu batang CB, kemudian kaitkan lebihan besi batang CB ke rangkaian besi ring balok. pastikan bagian bawah antar CB rapat. Jangan lupa siram lagi rangkaian CB kemudian isi celah antar batang CB (dari atas) dengan coran 1:2:3.



6. Buat lapisan coran pada permukaan atas. atau langsung dilakukan pasangan keramik.


Untuk harga dipasaran beragam. sebagai gambaran, harga rata rata untuk 1 buah keraton tebal 10 cm = Rp. 8500,- dan keraton tebal 12 cm = Rp. 9500,-.

Untuk 1 m2 dibutuhkan 20 buah keraton (ukuran standard).


0 komentar: